EAS MPPL E

Studi Kasus

CV. Termitech Rizky Abadi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembasmian hama rayap dan menjadi pelopor sistem pipa yang menggunakan sistem jets spray. 

Pencatatan pembelian dan penjualan barang di perusahaan ini dilakukan oleh pemilik dan karyawan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan laporan keuangan dan Microsoft Word untuk pembuatan kontrak kerja yang akan diberikan kepada pelanggan serta penjadwalan karyawan sehingga rentan terhadap berbagai kesalahan seperti kesulitan dalam mencari data, kehilangan dokumen, pengolahan waktu yang tidak efisien, kesalahan pengetikan, dan kesalahan penjadwalan yang dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan. 



CV. Termitech Rizky Abadi saat ini masih belum mempunyai tools yang secara khusus dapat mengatur manajemen proyek di perusahaan, sehingga susah untuk melihat biaya dan pendapatan perusahaan. Hal tersebut membuat perusahaan kesulitan untuk mencari jadwal pengerjaan proyek dan melihat proyek apa yang saat ini sedang dikerjakan. Hal ini terkadang membuat perusahaan mengalami bentrok jadwal ataupun lupa akan jadwal yang telah dijanjikan sehingga perusahaan akhirnya mendapatkan komplain.

Masalah yang dihadapi oleh CV. Termitech Rizky Abadi diharapkan dapat diatasi dengan mengimplementasikan sistem informasi administrasi untuk menghindari kesalahan pencatatan pesanan pelanggan, memudahkan pencarian data yang dipesan oleh pelanggan, data yang dimiliki up-to-date dan tersinkronisasi. 

Dengan adanya otomatisasi dengan menggunakan aplikasi, maka pengerjaan yang menggunakan Microsoft Word dan Excel dapat dikurangi sehingga kesalahan dapat ditekan. Dengan sistem informasi administrasi, semua data tersentralisasi dalam satu database sehingga setiap data pesanan baik dari pelanggan maupun ke pemasok, terhubung satu sama lain sehingga diharapkan pelayanan kepada pelanggan meningkat dan mendapatkan laba keuntungan yang semakin baik.

Soal

  1. Buatlah gambaran sistem aplikasi yang diselesaikan beserta fiturnya
  2. Sebutkan dan jelaskan Siklus hidup Manajemen Proyek
  3. Apa fungsi manajemen proyek di dalam pengembangan aplikasi. Sebutkan
  4. Buatlah WBS untuk menyelesaikan proyek tersebut dan susunlah jadwal yang diperlukan jika jangka waktu yang disediakan 3 bulan
  5. Buatlah anggaran biaya proyek dan sistem pengontrolannya dengan Kurva S jika disediakan dana Rp. 300.000.000,-

Jawaban



Comments

Popular Posts